Posted on Leave a comment

Gedhe Dukung Program Inkubator Bisnis di Kabupaten Donggala

Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation) berbagi strategi pengembangan bisnis di wilayah perdesaan dalam Program Inkubasi Bisnis di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, di Hotel Swissbell Palu, Kamis (26/7/2018).

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bisnis bagi pada para wirausaha desa (sebutan bagi pelaku bisnis di perdesaan) sehingga mereka mampu bertahan, sekaligus mengembangkan usahanya lebih baik, di masa mendatang.

Direktur Gedhe Nusantara, Yossy Suparyo, berpendapat tantangan terberat yang akan dihadapi oleh para wirausaha desa saat memulai bisnis, yaitu mengidentifikasi daya unggul produk atau layanannya dan merumuskan strategi jitu untuk bersaing dengan produk dan layanan sejenis.

“Tantangan pertama itu bertahan hidup. Mereka harus mengetahui keungulan-keunggulan yang dimilikinya. Program inkubasi bisnis ini memastikan para pelaku wirausaha desa mampu melampaui tantangan pertama,” ujarnya.

Tantangan selanjutnya, mereka harus mampu menyusun strategi untuk mendapatkan posisi yang bagus dalam persaingan usaha. Untuk itu, pengetahuan dan kemampuan pemasaran sangat dibutuhkan.

Untuk penguatan wirausaha desa, Gedhe Nusantara mengembangkan sistem rujukan yang memberikan beragam pengalaman dari para wirausaha desa yang sukses mengembangkan bisnisnya.

Sistem Inovasi Desa ini kami kembangkan menjadi media berbagi gagasan dan inspirasi para wirausaha desa. Semua anggota bisa berbagi pengalaman,” lanjut Yossy.

Program ini diikuti oleh 30 peserta dari sektor bisnis rumahan yang mengolah produk bawang goreng, keripik pisang, dan aneka produk pangan lainnya. Selama tiga hari mereka dibekali sejumlah keterampilan, seperti wirausaha, pemetaan potensi desa, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan kunjungan industri.

Program Inkubator Bisnis di Kabupaten Donggala merupakan kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Subdit Inovasi dan Penerapan Teknologi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *